Bab I: Konsep-Konsep Kewirausahaan
1. Apa yang saudara ketahui tentang kewirausahaan?
2. Apa yang saudara ketahui tentang wirausaha?
3. Jelaskan tipe-tipe seorang wirausaha!
4. Jelaskan fungsi dan peran kewirausahaan !
5. Sebutkan pengusaha yang sukses menurut saudara!
6. Jelaskan karakteristik dan nilai-nilai kewirausahaan!
7. Jelaskan motif wirausaha!
8. Jelaskan proses kewirausahaan
9. Jelaskan 10 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha
Jawaban
1. Kewirausahaan ialah kemampuan seseorang untuk melihat atau menciptakan & merubah peluang menjadi sesuatu (prodak) yang bernilai ekonomis (profit)
2. Seseorang yang pandai melihat peluang dan mengimplementasikan peluang tersebut terhadap usaha (bisnis)
3. Tipe-tipe wirausaha :
• Mandiri
• Mitra
• Investor
4. Fungsi kewirausahaan
Fungsi adanya wirausaha adalah :
• Mengusahakan inovasi-inovasi baru
• Membuka pasaran baru
• Memasuki usaha-usaha baru yang belum pernah dicoba oleh orang lain
• Memulai produksi jenis barang dan jasa baru
Peran Kewirausahaan
Peran kewirausahaan adalah sebagai motor penggerak pembangunan nasional adalah sebagai berikut :
• Wirausaha berusaha mengurangi pengangguran
• Wirausaha berusaha mengurangi ketegangan sosial
• Wirausaha berusaha meningkatkan taraf hidup anggota dan masyarakat lingkunganya
• Wirausaha berusaha memajukan perekonomian bangsa dan negara
• Wirausaha berusaha memperkecil sifat ketergantungan terhadap bantuan luar negeri
• Wirausaha berusaha memenuhi segala macam kebutuhan masyarakat terhadap produk dan adanya jasa
5. Pengusaha sukses :
• Bob sadino
• Bill gates
• Bakeri
• Colonel sandlers
• Ciputra
• Andrew darwis
• Steve jobs
• Mark zugeberg
• Adri subono
• Tomy suharto
6. Karakteristik wirausaha :
• Percaya diri
• Pantang menyerah
• Mencoba hal baru
• Aksi, kreasi, aktif
• Kreatif, inovatif
• Tidak gengsi
• Terus belajar
• Mau berusaha
7. Motif wirausaha
1. Kebutuhan (needs)
2. Peluang (opportunity)
8. Proses kewirausahaan
• Tahap memulai, tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, diawali dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan franchising. Juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri / manufaktur / produksi atau jasa.
• Tahap melaksanakan usaha atau diringkas dengan tahap "jalan", tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, mencakup aspek-aspek : pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan, pemasaran, dan melakukan evaluasi.
• Mempertahankan usaha, tahap di mana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi
• Mengembangkan usaha, tahap di mana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.
9. 10 kompetensi yang harung dimiliki wirausaha :
1. Knowing your business
2. Knowing the basic business management
3. Having the proper attitude
4. Having adequate capital
5. Managing finance efficiently
6. Managing time effectively
7. Managing people
8. Satisfying customer by providing high quality product
9. Knowing Hozu how to complete
10. Copying with requlation and paper work
Bab II: Membangun Kreativitas dan Inovasi
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi?
2. Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?
3. Bagaimana proses inovasi?
4. Jelaskan yang dimaksud dengan Kreativitas!
5. Bagaimana peranan kreativitas dalam kewirausahaan?
6. Bagaimana berfikir kreatif dalam kewirausahaan?
7. Bagaimana cara membangun kreatifitas?
8. Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
9. Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
10. Pilih seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap perlu
11. Memilih satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut
12. Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!
Jawaban
1. Kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dan ide-idenya bisa diterima oleh pasar
2. Inovasi memudahkan proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru dalam berbisnis. Inovasi adalah memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang menambah atau menciptakan nilai-nilai manfaat.
3. Sebuah tim yang baik memerlukan proses untuk mencari bagaimanamenciptakan peluang-peluang bisnis yang akan membawa kepada inovasi strategi. Proses Discovery ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kelima fase, yang akan dijelaskan secara rinci dalam seksi berikutnya, didesain untuk menyediakan kebutuhan struktur namun dibiarkan untuk fleksibilitas aktivitas-aktivitas di dalam fase-fase untuk mengakomodasikan sebuah wilayah yang luas atas industri-industri dan perusahaan-perusahaan.
4. Kemampuan seseorang mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah dan bahkan menemukan atau menciptakan peluang baru dari ide-ide tersebut.
5. Peranan kreatitifas sangat penting dalam berwirausaha karena dengan kreativitas yang dimilikinya seorang wirausaha mampu memecahkan masalah serta mengembangkan wirausahanya
6. Berfikir kreatif dalam wirausaha ialah seorang wirausaha yang mampu mengembangkan ide untuk mengembangkan wirausahanya tersebut.
7. Cara membangun kreativitas:
a. Terbuka dengan pengalaman.
b. Observasi – melihat sesuatu hal dengan sudut pandang lain.
c. Memiliki rasa penasaran tinggi.
d. Mau menerima dan mempertimbangkan pendapat berbeda.
e. Indepen dalam mengambil keputusan, pikiran dan tindakan.
f. Percaya diri.
g. Mau mengambil resiko terhitung.
h. Sensitif terhadap masalah.
i. Fleksibel
j. Responsif pada pemikiran.
k. Motivasi tinggi.
l. Kemampuan untuk konsentrasi.
m. Selektif
n. Bebas dari rasa takut dan gagal.
o. Memiliki daya pikir imajinasi yang baik.
8. Faktor yang mendukung kreatif & inovatif ialah dukungan dari pihak atasan (pimpinan) serta ketersesiaan sumber daya untuk melakukannya
9. Faktor yang menghambat kreatif & inovatif ialah berpikiran negatif, takut gagal, berasumsi sendiri, mudah menyerah, merasa puas diri, kesulitan memusatkan konsentrasi dll.
10. ABC
11. Rencana pengambangan usaha yang akan saya pilih ialah usaha jasa travel dikalangan mahasiswa khususnya Universitas Widyatama perusahaan kami akan mendirikan travel berbeda dari yang lain. Dengan konsep tour guiding yang friendly kami akan siap melayani jasa perjalanan wisata saudara semua.
12. Perbedaannya disini terhadap pelayanan yang perusahaan kami berikan yaitu dengan keramah tamahan serta dengan mengutamakan pelanggan adalah raja kami siap melayani segala keperluan konsumen.
Bab III: Ide dan Identifikasi Peluang Usaha atau bisnis
1. Bagaimana mengembangkan ide kewirausahaan?
2. Bagaimana pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih dalam mengembangkan ide usaha mereka pada waktu pertama kali?
3. Jelaskan sumber-sumber potensial peluang! Berikan contoh sumber-sumber potensial peluang pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
4. Jelaskan bekal kemampuan dan pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5. Jelaskan penyaringan ide usaha! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
6. Jelaskan kegagalan dalam memilih peluang bisnis baru! Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
7. Buatlah ide usaha untuk usaha yang akan saudara jalankan untuk satu semester ini!
Jawaban
1. Mengembangkan ide kewirausahaan adalah:
- Menciptakan produk baru dan berbeda. Ketika ide dimunculkan secara riil atau nyata, misalnya dalam bentuk barang dan jasa tersebut harus berbeda dengan produk dan menciptakan nilai bagi pembeli atau penggunanya. Agar berguna, barang dan jasa harus bernilai bagi konsumen, baik pelanggan maupun konsumen potensial lainnya. Oleh sebab itu, wirausaha harus benar-benar mengetahui perilaku konsumen di pasar .
- Mengamati pintu peluang. Wirausaha harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru, pengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baru, dukungan keuangan, dan keunggulan-keunggulanj yang dimiliki pesaing di pasar. Kemampuan pesaing utnuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan mengamati kelemahan-kelemahan dan risiko pesaing dalam menanamkan modal barunya.
- Analisis produk dan proses produksi secara mendalam. Analisis ini sangat penting untuk menjamin apakah jumlah dan kualitas produk yang dihasilkan memadai atau tidak.
2. Bob Sadino seorang pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Beliau adalah orang yang sangat memiliki keberanian karena dapat memulai sebuah bisnis benar-benar dari nol dari mulai dia tidak memiliki apa-apa sampai akhirnya bisa sukses di bidang bisnis. Beliau juga dapat menerapkan cara-cara khas beliau sendiri dalam menjadlankan bisnisnya, bagian ini lah yang biasanya menjadi kesulitan seseorang dalam melakukan suatu bisnis.
3. Sumber-sumber potensial peluang komunitas, konsumen, supplier, pesaing, lingkungan, pemerintahan dal lain-lain. Contoh peluang jaringan usaha bob sadino ialah kalangan ibu rumah tangga yang sering membeli bahan pokok dipasar swalayan.
4. Bekal pengetahuan yang harus dimiliki perusahaan:
i. Tentang usaha yang akan memasuki/dirintis dan lingkungan usaha yang ada
ii. Tentang peran an tanggung jawab
iii. Tentang manajemen dan organisasi bisnis
Bekal keterampilan yang harus dimiliki wirausaha:
iv. Ketermapilan konseptual dan mengatur strategi dan memperhitungkan resiko
v. Keterampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah
vi. Keterampilan dalam memimpin dan mengelola
vii. Keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi
5. Penyaringan ide usaha:
i. Menciptakan produk baru dan berbeda
ii. Mengamati pintu peluang
iii. Analisis produk dan proses produksi secara mendalam
iv. Menaksir biaya awal
v. Memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi
6. Kegagalan dalam memilih peluang bisnis:
i. Pendapatan yang tidak menentu
ii. Kerugian akibat hilangnya modal investasi
iii. Perlu kerja keras dan waktu yang lama
iv. Kurang berpengalaman
v. Gagal dalam perencanaan
7. Rencana pengambangan usaha yang akan saya pilih ialah usaha jasa travel dikalangan mahasiswa khususnya Universitas Widyatama perusahaan kami akan mendirikan travel berbeda dari yang lain. Dengan konsep tour guiding yang friendly kami akan siap melayani jasa perjalanan wisata saudara semua.
Bab 4: Merintis Usaha Baru dan Model Pengembangannya
Jelaskan jawaban saudara atas pertanyaan dibawah dan diupload ke blog masing-masing
1. Bagaimana cara memasuki dunia usaha? Berikan contoh pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih tentang cara mereka memasuki dunia usaha!
2. Jelaskan profil usaha kecil dan model pengembangannya! Berikan gambaran profil dan model pengembangan usaha oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
3. Bagaimana kerangka pengembangan usaha kecil? Berikan gambaran dari pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
4. Jelaskan tantangan untuk mendirikan usaha baru! Berikan gambaran pada pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
5. Jelaskan kegagalan dalam mendirikan usaha baru! Berikan gambaran kegagalan yang pernah dialami oleh pengusaha dan perusahaan yang saudara pilih!
6. Jelaskan rencana pengembangan usaha yang saudara pilih!
Jawaban
1. Cara memasuki dunia usaha ialah dengan bagaimana kita membaca peluang serta memanfaatkan peluang tersebut menjadi sesuatu yang bernilai yaitu profit.
Contoh pengusaha ialah Reza Nurhaliman biasa disebut Axl ialah owner keripik fenomenal “Maicih” cara mereka memasuki dunia usaha sangatlah unik sekali dengan memanfaatkan jejaring sosial konsep pemasaran ini berlangsung serta cara kreatif dan inovatif ini yang membuat produk makanan ringan ini menjadi pioneer yang kerap diikuti oleh kompetitor.
2. Profil perusahaan
Keripik Maicih atau yang disebut juga sebagai 'Keripik Setan' adalah salah satu ikon makanan yang saat ini sedang digandrungi di kota Bandung. Sebenarnya keberadaan Keripik Maicih bukanlah tergolong baru. Seperti penuturan sosok dibalik kesuksesan Maicih, Reza Nurhilman atau yang akrab disapa Axl, awal dia menemukan resep keripik pedas berbahan dasar singkong ini bermula dari petemuannya dengan seorang nenek 3 tahun silam. Meski resep keripik Maicih sudah didapatkan Axl semenjak tiga tahun lalu. Namun awal kejayaan Maicih sendiri mulai pada bulan Juli 2010 lalu.
Semenjak diproduksi, Keripik Maicih sendiri dibuat dalam 5 level rasa. Hal ini sengaja dimunculkan karena ingin mengetes selera pasar.
Menurut Axl, produk keripiknya yang banyak laku adalah level 3 dan 5. Oleh karena itu saat ini dipasaran produk Maicih yang beredar cuma 2 level yang laris manis tersebut. Adapun produk level 3 ditandai dengan logo yang berwarna abu-abu. Sementara kripik level 5 ditandai dengan logo warna merah. Arti level 3 menandakan rasa pedas biasa, sementara yang level 5 menandakan rasa yang sangat pedas sekali.
Dari segi harga Maicih sendiri dibandrol Rp10 ribu. Namun karena ada kenaikan harga cabai, akhirnya harga Maicih dinaikkan menjadi Rp11 ribu. Untuk pemesanan secara online, maka anda juga bisa mencari informasinya melalui facebook dan twitter dan juga forum kaskus.
3. Dengan konsep direct selling menggunakan media jejaring sosial inilah pengembangan perusahaan dilakukan semakin meluas dan produk perusuahaan dikenal semakin berkembang perusahaan terebut serta menggunakan sistem penjualan nomaden yang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain ini yang mendukung pengembangan produk perusahaan.
4. Tantangan untuk mendirikan usaha baru :
• Berani ambil resiko
• Pantang menyerah
• Tidak gengsi
• Berani bersaing
• Aktif, kreatif dan inovatif
5. Kegagalan dalam mendirikan usaha baru :
• Produk belum dikenal
• Adanya pesaing yang lebih unggul
• Kurang berinovasi dalam pangsa pasar
6. Rencana pengambangan usaha yang akan saya pilih ialah usaha jasa travel dikalangan mahasiswa khususnya Universitas Widyatama perusahaan kami akan mendirikan travel berbeda dari yang lain. Dengan konsep tour guiding yang friendly kami akan siap melayani jasa perjalanan wisata saudara semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar